PEMILOS (Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis) Tahun 2023/2024 SMAN 1 PUNCU

By Novelin Chelsea XI-6 11 Sep 2023, 18:42:24 WIB Prestasi
PEMILOS (Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis) Tahun 2023/2024 SMAN 1 PUNCU

Gambar : Doc. Tim Pemilos


30 Agustus 2023 - Tepat hari rabu, SMA Negeri 1 Puncu melaksanakan "PEMILOS 2023/2024". Pemilos merupakan "Pemilihan Ketua Osis Tahun 2023/2024." Acara tersebut diselenggarakan oleh MPK (Majelis Perwakilan Kelas) yang saat ini diketuai oleh Mutia kelas XI-3, MPK bertugas sebagai panitia Pemilos, dan diikuti oleh seluruh warga sekolah yang berpartisipasi memilih siapakah calon kandidat yang akan menjadi calon ketua OSIS masa bakti 2023/2024.

Dengan Paslon 1 yaitu Dinda Gias dari kelas XI-6 dengan Jason Hietfield dari kelas X-10, lalu Paslon 2 yaitu Fatih Abdul Aziz dari kelas XI-9 dengan Cahya Frisa dari kelas X-5, kemudian Paslon 3 yaitu Fajar Sodik Ramadhani dari kelas XI-6 dengan Q Aiko dari kelas X-9, dan Paslon 4 yaitu Nurullah Fathus dari kelas XI-7 dengan Claryta Trianaya dari kelas X-4.

Acara pemilos tersebut diawali dengan upacara pembukaan untuk meresmikan kegiatan Pemilos Masa Bakti 2023/2024. Acara pemilos diresmikan oleh Waka kesiswaan Bapak Drs. Suwandi S.Pd. Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan pemanggilan kelas per kelas yang dimulai dari kelas X-1 hingga XII-IPA 1 oleh sie humas yang diketuai oleh Deni dan beranggotakan Novelin Chelsea, Arinda Setya, Nanda Kurnia, Aurilia Nafa, dan Yohana Adea.

Setiap kelas yang dipanggil berbaris sesuai nomor absen untuk mengisi formulir pendaftaran. Setelah itu akan diberikan surat suara yang berisi foto kandidat ketua dan wakil ketua Osis. Sembari menunggu bilik suara kosong, para pemilih bisa melihat visi misi dari keempat kandidat. Saat bilik suara telah kosong pemilih bergantian untuk menyalurkan hak pilih mereka dibalik bilik suara. Setelah selesai memilih masing-masing dari mereka diarahkan untuk memasukkan surat suara kedalam kotak suara yang disediakan. Sebagai bukti telah memilih masing-masing dari mereka melakukan cap jari dengan tinta berwarna ungu sebagai tanda sudah selesai menyuarakan hak pilih.

Acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai rencana. Pemilihan tersebut selesai pada pukul 13:15 yang diakhiri oleh Bapak dan Ibu guru sebagai pemilik hak suara terakhir. Tahap terakhir pemilihan tersebut adalah perhitungan suara dari ketiga kotak suara.


Hasil akhir perhitungan surat suara adalah, Paslon 1 dengan pasangan Dinda Gias dan Jason Hietfield yang mendapatkan 57 suara. Lalu Paslon 2 dengan pasangan Fatih Abdul dan Cahya Frisa yang mendapatkan 84 suara. Kemudian Paslon 3 dengan pasangan Fajar Sodik dan Q Aiko yang mendapatkan 171 suara. Dan pemilos dimenangkan oleh Paslon 4 yang sekaligus menjadi pemecah rekor suara pemilihan dari 2 periode kemarin yaitu Nurullah Fathus dengan Claryta Trianaya yang mendapatkan 578 suara. Paslon 4 mampu menjadi pencetak rekor sejarah SMAN 1 PUNCU dalam pemilos tahun ini, dikarenakan hampir setengah dari warga sekolah cenderung menggunakan hak suara mereka kepada paslon 4 ini. Dan untuk pertama kalinya, pemilos masa bakti 2023/2024 berjalan dengan sangat meriah dan disambut dengan euforia kemenangan oleh paslon 4.

Salam demokrasi….!!!




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment