Pesta Siaga Meriahkan Peringatan HUT RI ke-78 dan Hari Pramuka ke-62 oleh Kwartir Ranting Puncu

By Bams 03 Sep 2023, 15:04:25 WIB Komunitas
Pesta Siaga Meriahkan Peringatan HUT RI ke-78 dan Hari Pramuka ke-62 oleh Kwartir Ranting Puncu

Puncu, 30 Agustus 2023 - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dan Hari Pramuka yang ke-62, Kwartir Ranting Puncu menggelar Pesta Siaga yang meriah. Acara ini diikuti oleh 29 Sekolah Dasar (SD) dari berbagai wilayah, di mana setiap SD mengutus 1 barung putra dan 1 barung putri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pesta Siaga ini menjadi momen istimewa untuk mengenang perjuangan bangsa dan memupuk semangat kepramukaan di kalangan generasi muda.

Pesta Siaga yang digelar di lapangan Desa Puncu ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kwarran, Kak Mulyanto, S.Pd. Kegiatan ini menghadirkan berbagai jenis permainan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mengajarkan pengetahuan dasar kepramukaan kepada para peserta. Antusiasme peserta terlihat jelas saat mereka berpartisipasi dalam berbagai aktivitas, termasuk memasang atribut pramuka, pazel, mewarnai, menyusun kata, kereta buta, dan menjinakan bom.

Ketua Panitia, Kak Imam Syafi'i, S.Pd, dalam kata penutupnya mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dalam suksesnya acara Pesta Siaga ini. Ia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa beserta perangkatnya, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kec. Puncu, serta semua anggota panitia yang telah berkerja keras untuk menjalankan acara ini dengan sukses.

Salah satu sorotan utama dari acara ini adalah dukungan yang diberikan oleh siswa SMA Negeri 1 Puncu yang tergabung dalam Dewan Kerja Ranting (DKR). Kontribusi mereka dalam mendukung dan menjalankan acara ini memperkuat semangat kebersamaan antar generasi dalam menjalankan prinsip-prinsip pramuka.

Acara Pesta Siaga ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang semangat gotong royong, kepemimpinan, dan kerja tim kepada para peserta. Melalui permainan dan kegiatan kepramukaan yang kreatif, diharapkan generasi muda dapat terus mengembangkan karakter positif dan cinta tanah air.

Dalam suasana penuh semangat, Pesta Siaga ini juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk berinteraksi, bermain, dan belajar bersama. Para peserta terlihat antusias dalam menjalani setiap aktivitas, dengan senyum dan tawa yang menghiasi setiap sudut lapangan.

Selain kegiatan permainan, momen ini juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk membangun persahabatan lintas sekolah. Mereka berbagi cerita, pengalaman, dan pengetahuan tentang pramuka, semakin mempererat rasa persatuan di antara mereka.

Puncak acara ditandai oleh penutupan yang meriah, di mana Ketua Panitia Kak Imam Syafi'i, S.Pd, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan acara ini. Ia juga mengingatkan pesan-pesan pramuka yang mendasar, seperti semangat kebersamaan, kemandirian, dan kejujuran, agar tetap terjaga dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Pesta Siaga ini juga menjadi salah satu langkah konkret dalam mengenalkan nilai-nilai pramuka kepada generasi muda sejak dini. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pramuka, diharapkan mereka akan tumbuh menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Semangat kepramukaan yang tercermin dalam Pesta Siaga ini sejalan dengan cita-cita pendiri pramuka, Bapak Baden-Powell, yang mengajarkan tentang kepemimpinan, kemandirian, dan pengembangan karakter. Dengan melibatkan anak-anak sejak dini, harapannya adalah generasi mendatang akan mewarisi semangat kebangsaan dan semangat pramuka untuk membangun masa depan yang lebih baik.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment