Sejarah Singkat

By Bams 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

SMA Negeri 1 Puncu adalah lembaga pendidikan yang unik karena terletak di Lereng Utara Gunung Kelud, dengan jarak sekitar 8 Km dari Kawah Gunung Kelud, di Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Meskipun berada di lokasi yang rentan terhadap bencana alam akibat letusan gunung berapi yang tidak dapat diprediksi secara pasti, sekolah ini tetap memiliki komitmen yang kuat terhadap pendidikan. 
Sejak didirikan pada tahun 2002, SMA Negeri 1 Puncu telah mengalami perkembangan selama 20 tahun. Fokusnya bukan hanya pada kuantitas, tetapi juga kualitas pendidikan. Dengan total siswa sebanyak 977 siswa yang terorganisir dalam 28 Rombongan Belajar, sekolah ini menjadi tempat belajar bagi siswa-siswa yang memiliki beragam bakat dan potensi.  Tenaga pengajar SMA Negeri 1 Puncu terdiri dari 55 guru yang  erdedikasi tinggi, 6 tenaga kependidikan yang mendukung operasional sekolah, dan 6 staf keamanan yang menjaga keselamatan lingkungan belajar. Meskipun berada di lokasi yang mungkin menantang, sekolah ini mengutamakan keamanan dan kesejahteraan siswa dan seluruh warga sekolah. 
Prestasi SMA Negeri 1 Puncu di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik, menjadikannya pusat keunggulan. Pencapaian dalam ajang-ajang kompetisi seperti tari, lari, teater, dan jurnalisme pada tahun ajaran 2023/2024 merupakan bukti nyata dedikasi dan bakat yang dimiliki oleh siswa-siswi sekolah ini.  SMA Negeri 1 Puncu bukan hanya tempat belajar, tetapi juga tempat berkembangnya bakat, semangat prestasi, dan sikap tanggap terhadap perubahan. Meskipun berada dalam kondisi yang mungkin menantang, sekolah ini tetap menjadi tempat inspiratif bagi siswa-siswinya untuk meraih prestasi dan mengembangkan potensi mereka.